Senin, 31 Agustus 2015

Apa itu GERD?


Hi ELFs~ atau siapapun yang lagi buka ini. Di D&E love idols, Eunhyuk cerita kalau dia menderita GERD. Itulah yang bikin saya posting artikel ini.

Saya ngga tau sih seberapa parah penyakit ini. Tapi setiap penyakit yang ngga ditanganin, pasti akan parah. Dan semoga tulisan yang singkat dan simpel ini bisa nambah wawasan kita.

Maunya bahas Pneumotorax juga sih, tapi udah banyak temen-temen yang bahas. Hihi, oke happy reading~

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana isi perut bocor mundur dari lambung ke kerongkongan. Terjadi di saluran tabung dari mulut ke perut. Ini bisa bikin kerongkongan iritasi, menyebabkan mulas dan gejala lainnya.

Penyebab

Waktu kita makan, makanan akan lewat kerongkongan, terus masuk ke perut/lambung. Agar makanan nggak mundur balik, ada cincin serat otot namanya Lower Esophageal Sphincter (LES). Dia berperan sebagai kunci yang menutup lambung agar makanan yang udah kita cerna ngga keluar lagi.

Nah, penyakit GERD inilah terjadi ketika cincin serat otot ngga ketutup secara sempurna. Makanan yang udah tertelan, balik lagi ke kerongkongan. 

Gastroesophageal reflux disease

Faktor Risiko

- Penggunaan Alkohol

- Hernia Hiatus (Kondisi dimana bagian perut bergerak di atas diafragma)

- Kegemukan (Obesitas)

- Kehamilan

- Merokok

- Scleroderma (penyakit yang melibatkan penumpukan di jaringan perut, akibatnya bisa merusak sel yang melapisi dinding arteri kecil)

Gejala umum

- Makanan terasa terjebak di belakang tulang dada

- Mulas atau dada nyeri

- Mual setelah makan

Gejala yang kurang umum

- Batuk atau sesak nafas

- Susah nelan

- Cegukan

- Suara serak atau berubah

- Sakit tenggorokan

Pengobatan

- Jika merasa kelebihan berat badan atau obesitas, cobalah menghilangkan dengan diet.

- Hindari obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen atau (Aleve, Naprosyn).

- Mengambil acetaminophen (Tylenol) untuk mengurangi rasa sakit.

- Ganti semua obat-obatan dengan banyak air. Ketika dokter memberikan obat baru, tanyakan apakah itu akan membuat mulas lebih buruk atau tidak.


Credits : https://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000265.htm

5 komentar:

  1. Jadi bersyukur punya body kek Yoona.. seenggaknya satu penyakit gak bisa tumbuh di gw hahahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Body kek Yoona? Hmm.. iyain aja deh biar teteh Yoong seneng..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Hahahahah yaudasik,
      setuju aja sama apa yang teteh bilang #eaaaa

      Hapus